Rumah Harapan

67 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan

67 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan

67 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan

67 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat manusia yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar. Al-Qur’an memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi manusia, baik secara pribadi maupun kelompok. Ia juga menjadi tempat pengaduan dan pencurahan hati bagi yang membacanya, bahkan, juga sebagai rahmat bagi yang mendengarkan. Sebagaimana firman Allah swt dalam surah al-A’raf ayat 204.

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (204)
“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat”
Dalam memahami ayat ini banyak orang beranggapan bahwa perintah untuk mendengarkan atau diam ketika mendengar bacaan Al-Qur’an adalah tatkala berada dalam keadaan shalat dan khotbah. Sementara selain kedaan tersebut (diluar shalat dan khotbah) seperti ketika acara yang di dalamnya ada sesi pembacaan Al-Qur’an tidak diperintah atau dianjurkan untuk diam.

67 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan

Hukum Ketika Mendengarkan Lantuman Ayat Al-Qur’an
Melalui ayat tersebut Allah swt menginformasikan tentang adab yang nantinya juga bermuara pada hukum ketika mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an. Dalam kitab tafsir “al-Munir” Syaikh Wahbah Zuhaili menyatakan bahwa ayat tersebut memerintahkan agar kita mendengarkan bacaan Al-Qur’an ketika dilantunkan supaya memahami dan mengambil pelajaran atas isi dari ayat-ayatnya serta tidak berbicara (diam) dan khusyu’ agar dapat berfikir serta berangan-angan (tadabbur) tentang maknanya.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa mendengarkan ayat Al-Qur’an maka baginya kebaikan yang berlipat, dan barangsiapa belajar satu ayat dari Al-Qur’an maka baginya cahaya pada hari kiamat. (H.R Ahmad bin Hanbal)

1 ). Ketika dibacakan kepadamu al-qur’an cobalah untuk merasakan bahwa seakan-akan kamu mendengarnya langsung dari Allah; maka tatkala hal itu dapat ia wujudkan, niscaya hatinya akan dipenuhi dengan indahnya makna ayat-ayat itu serta kelembutan dan keajaiban yang terkandung didalamnya.

2 ). Siapapun yang seksama mendegarkan ayat-ayat Allah dibacakan, sesungguhnya ia sedang menanti turunya rahmat Allah, maka sepanjang malam ini akan menjadi lebih baik jika dseimbangkan antara shalat dan kesetiaanmu untuk mendengarkan kalam Allah, karena itu akan memperbanyak turunya rahmat dari-Nya

https://www.instagram.com/rumahharapan/
https://rumahharapan.or.id/

Bagikan :

Galang dana Mendesak

Mudik Bersama Yatim

Rp. 10.000

Terkumpul

1

Donasi

Baju Lebaran Anak

Rp. 0

Terkumpul

0

Donasi

THR Lansia

Rp. 0

Terkumpul

0

Donasi

THR Yatim

Rp. 0

Terkumpul

0

Donasi

Zakat Fitrah

Rp. 0

Terkumpul

0

Donasi

Parsel Lebaran

Rp. 0

Terkumpul

0

Donasi

Artikel Lainnya